January 21, 2020
Destinasi Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari, Yogyakarta

Destinasi Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari, Yogyakarta

Yogyakarta adalah surga bagi pariwisata budaya dan sejarah. Selain keindahan mengulik Prambanan dan Borobudur, Anda juga dapat memainkan salah satu candi yang unik Sambisari.

Terletak kawasa Purwomartani, Sleman, candi adalah sisa dari peradaban Hindu kuno. Dikelilingi oleh rumput hijau yang luas, Sambisari menawarkan pemandangan kompleks candi.

Di sini Anda dapat bercengkram dengan teman atau keluarga sambil duduk di tepi candi. Selain itu, lokasi ini cukup jauh dari keramaian yang Sambisari tenang dan dingin.

Destinasi Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari, Yogyakarta
Destinasi Peradaban Hindu Kuno di Candi Sambisari, Yogyakarta

Sambisari kompleks dikelilingi oleh penutupan ganda. Pelataran luar dari 50 x 48 meter dikelilingi oleh pagar batu rendah, sementara batu pengadilan dikelilingi pagar sekitar 50 cm tebal dengan ketinggian sekitar 2 meter. Di setiap sisi pintu masuk, tidak ada jaringan atau hiasan lainnya.

Yah, itu menarik untuk setiap sisi dinding luar candi terdapat relung yang berisi patung. Di ceruk di dinding selatan, ada patung Siwa dan Agastya Grand Master, di dinding timur ada patung Ganesha, dan di dinding utara Durga Mahisasuramardini.

Shiva digambarkan sebagai seorang pria berjanggut dengan dua dan berdiri di lotus. Di sebelah kanan adalah trisula, senjata trisula Shiva. Gambar ini mirip dengan Grand Master dari candi Siwa Siwa patung yang terletak di relung selatan di kompleks candi Prambanan, tubuh yang langsing.

Ada begitu banyak cerita untuk dikulik saat bermain Sambisari. Salah satunya adalah kehidupan kerajaan Mataram Hindu di tangan Rakai Garung alkoholische yang menjadi raja dari dinasti Shailendra.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *