Destinasi Lembuswana Ikon Sakral khas Kutai Kartanegara

Destinasi Lembuswana Ikon Sakral khas Kutai Kartanegara

Ibukota baru Indonesia, Kutai menyimpan banyak cerita unik yang menangis untuk dikulik. Salah satu yang paling menonjol adalah simbol kemuliaan, Lembuswana.

hewan mitologi ini telah menjadi ikon dari kabupaten di Kalimantan Timur sejak abad keempat. Pada saat itu, orang-orang di Kerajaan Kutai menyebutnya dewa Batara Guru tunggangan saat menyebark anajarannya.

Tidak hanya Guru, tetapi Raja Kutai Mulawarman diduga digunakan sebagai tunggangan pribadiya Lembuswana ketika ia memerintah 1.500 tahun yang lalu. Dengan demikian, sampai saat ini, sangat sakral oleh masyarakat Lembuswana Kukar.

Destinasi Lembuswana Ikon Sakral khas Kutai Kartanegara
Destinasi Lembuswana Ikon Sakral khas Kutai Kartanegara

Jadi memiliki pengaruh yang besar, Lembuswana seharusnya juga memiliki andil dalam kehidupana di Kerajaan Kutai. Menurut legenda, ada bayi yang dikawal Naga Ox dan dibawa oleh Lembuswana. Bayi itu kemudian dikenal sebagai Coral Princess Melenu raja pendamping pertama Kukar, Aji Batara Agung Dewa Sakti. Keduanya juga melahirkan sultan di King City.

Dengan bentuk singa lembut berkepala, Lembuswana tampilan jantan karena penurunan dan batang sebagai gajah. Semakin unik, karena hewan mitologi ini memiliki sayap dan mahkota sebagai raja, menasbihkannya sebagai penguasai Sungai Mahakam.

Membuat Anda bentuk penasaran sama dari Lembuswana dapat mengunjungi Museum Mulawarman di kota Tenggarong. Ada, ada koleksi patung Lembuswana terbuat dari kuningan. Patung ini dibuat oleh pematung di Myanmar sebelum dikirimkan dan disimpan di Istana Kutai pada tahun 1900 lalu.

Selain Museum Mulawarman, Anda juga dapat menemukan patung Kemala Lembuswana Pulau yang di tengah-tengah Sungai Mahakam delta. Pantung betis yang satu ini adalah karya pematung veteran lahir di Bali, Nyoman Nuarta.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *